Jajanan Tradisional Khas Maluku yang Enak

Jajanan Tradisional Khas Maluku yang Enak, Daerah Timur Indonesia khususnya Maluku memiliki berbagai jenis jajanan tradisional yang terbuat dari sagu. Sagu di campur dengan berbagai rempah-rempah dan di olah sedemikian rupa, hingga menghasilkan jajanan yang rasanya khas dan lezat. Selain rasa, aroma yang di hasilkan dari sagu dan perpaduan rempah-rempah sangat ampuh membuat perut jadi keroncongan.

Selain jajanan berbahan dasar sagu, ada juga jajanan lain khas Maluku yang tidak berbahan dasar sagu. Namun, tetap menggunakan rempah-rempah. Jajanan-jajanan ini rasanya sudah pasti Seng ada lawang! Berikut adalah jajanan khas Maluku yang sayang jika Anda lewatkan dan rasanya Seng ada duanya.

Jajanan Tradisional Khas Maluku yang Enak

Berikut adalah jajanan tradisionla khas maluku yang harus kalian ketahui.

1. Roti Kering Kenari

Roti kering kenari adalah salah satu jajanan khas Maluku yang memiliki bentuk seperti roti tawar yang di atasnya di beri cacahan kacang kenari dan gula pasir. Dan roti kenari memiliki tekstur yang kering dan garing. Hal ini di sebabkan karena, proses memasaknya adalah dengan cara dipanggang.

Meski tidak menggunakan bahan pengawet makanan, roti kenari bisa bertahan sampai sebulan. Sehingga roti kenari sangat cocok jika di jadikan sebagai oleh-oleh. Roti kenari sangat pas di nikmati saat sore hari dan di hidangkan bersama dengan kopi panas. Renyah dari roti dan kenari memberikan sensasi nikmat saat menyantapnya.

2. Sanole

Cemilan sanole terbuat dari tepung sagu yang di campur dengan parutan kelapa dan di dalamnya di isi dengan gula merah (gula aren). Agar terasa gurih sedikit garam di tambahkan ke dalam adonan sanole.

Sanole hampir mirip seperti roti dadar gulung. Warnanya putih kecoklatan yang di dalamnya terdapat gula merah yang meleleh. Sehingga kekita di gigit lelehan dari gula merah dan gurih dari kulit sanole lumer di mulut. Sanole biasanya di sebut juga dengan karu-karu oleh masyarakat Maluku.

3. Pisang Asar

Pisang asar adalah salah satu jajanan khas Maluku yang memiliki cita rasa tersendiri. Hal itu di sebabkan karena pisang asar ini berbeda dengan cemilan pisang-pisang yang lain. Pisang asar di buat dengan cara di panggang atau di asar di dalam oven.

Selain itu, pisang yang di gunakan untuk membuat pisang asar bukanlah sembarangan pisang. Pisang asar hanya menggunakan pisang raja sebagai bahan utama dari pisang asar. Pisang asar biasanya di sajikan bersama dengan teh atau kopi dan dapat di nikmati di pagi hara maupun di sore hari.

4. Kue Sagu/Bagea

Jajanan yang satu ini terbuat dari tepung sagu, bentuknya seperti kue pada umumnya, namun teksturnya agak sedikit keras. Masyarakat Maluku ada yang menyebutnya dengan Kue sagu, ada juga yang menyebutnya dengan Bagea.

Karena teksturnya yang agak sedikit keras, bagea baiknya di nikmati bersama dengan teh hangat atau kopi panas. Meskipun agak sedikit keras, bagea menjadi salah satu jajanan favorit bagi masyarakat Maluku. Bagea cocok menjadi oleh-oleh karena mampu bertahan hingga beberapa minggu.

5. Sagu Lempeng

Sagu lempeng adalah cemilan khas Ambon yang di buat dengan cara di bakar dalam cetakan bernama forna yang terbuat dari tanah liat. Dari namanya saja kita sudah bisa mengetahui bahan dasar dari cemilan ini yaitu tepung sagu.

Cemilan ini memiliki warna agak kecoklatan dan tektusnya sangat keras. Sehingga sebelum di makan, sagu lempeng sebaiknya di rendam atau di celupkan terlebih dahulu ke teh hangat ataupun kopi panas. Hal ini di maksudkan untuk melunakkan sagu lempeng. Cemilan ini paling bayak di gemari oleh orang dewasa.

6. Asida

Asida adalah cemilan khas Maluku yang terbuat dari tepung terigu, gula merah (gula aren), mentega yang telah di cairkan dan bubuk kayu manis yang di campur dengan sedikit kapulaga. Teksturnya sangat lembut dan sedikit kenyal. Rasa manis dan sedikit gurih membuat cemilan ini cocok di jadikan sebagai menu untuk sarapan dan juga untuk berbuka puasa. Cemilan ini akan semakin nikmat jika di sajikan bersama dengan teh hangat.

Asida biasanya banyak di produksi atau mudah di temukan ketika bulan Ramadhan karena masyarakat Maluku telah menjadikan asida sebagai makanan wajib di bulan puasa. Selain itu, asida juga di hidangkan ketika menjamu tamu di hari raya.

7. Gogos Ikan

Jajanan yang satu ini memiliki bentuk dan ciri-cirinya yang serupa dengan lemper. Namun, isian di dalam gogos ikan dan lemper berbeda. Jika lemper biasanya berisi suwiran daging ayam, abon atau cacahan tempe, Gogos ikan biasanya berisi suwiran ikan.

Bahan dari gogos yaitu beras ketan yang sudah setengah matang, di isi dengan suwiran ikan yang telah di bumbui, kemudian di bungkus dengan daun pisang. Proses memasak Gogos adalah dengan di bakar. Gogos ikan biasanya di santap ketika sore hari di temani dengan secangkir kopi atau teh panas.

8. Sagu Tumbu

Sagu tumbu adalah jajanan khas Maluku yang biasa di sebut Paumido oleh masyarakat Maluku. Seperti namanya, sagu tumbu berbahan dasar tepung sagu yang di campur dengan bahan-bahan lain seperti gula merah dan juga kenari. Perpaduan dari kenari dan gula merah membuat cita rasa dari sagu tumbu menjadi lebih renyah, gurih dan manis. Proses pembuatannya juga sama dengan namanya, yaitu di tumbuk. Sagu yang sudah di masak kemudian di tumbuk bersama dengan bahan-bahan yang lain.

9. Kopi Sibu-Sibu

Sibu-sibu adalah bahasa maluku memiliki arti “angin sepoi-sepoi” atau yang dalam bahasa Maluku melayu di sebut dengan “hail buang lansyik” yang memiliki arti rumah tempat melepas penat dan suntuk.

Hal tersebut pula yang menyebabkan sebuah kedai kopi di Ambon di beri nama Rumah Kopi Sibu-sibu. Di tempat itulah para penikmat kopi sibu-sibu biasanya meluangkan waktu melepas penat sembari di temani oleh secangkir kopi sibu-sibu.

Kopi sibu-sibu adalah minuman khas Maluku yang berasal dari biji kopi robusta yang sudah di haluskan dengan cara tradisional khas maluku. Untuk memperkaya rasa, komposisi penyajian dari kopi sibu-sibu di tambah dengan menggunakan bubuk cengkeh, dan di taburi dengan biji kenari yang akan mempercantik tampilan dan penguat aroma dari kopi sibu-sibu.

10. Talam Sagu Bakar

Makanan lain yang terbuat dari tepung sagu adalah talam sagu bakar. Dan makanan khas Maluku ini memiliki cita rasa yang manis dan khas, karena adonan dari tepung sagu yang dicampur dengan kenari dan kacang brenebon (kacang merah). Makanan ini sangat cocok disajikan sebagai cemilan.

Untuk membuatnya, tepung sagu direndam kemudian dicampurkan dengan gula merah (gula aren) yang telah dicairkan, santan dan juga gula pasir. Adonan talam sagu bakar terus diaduk hingga mengental. Setelah adonan menjadi kental, tambahkan mentega, kacang brenebon dan kenari. Setelah semua bahan tercampur, talam sagu bakarpun siap untuk dibakar.

Demikian jajanan tradisional khas Maluku dari Keluyuran. Kalau main ke Maluku, jajanan ini sayang untuk dilewatkan. Coba sekali, nambah berkali-kali pasti. Selain itu jajanan ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Open chat
1
ADMIN AKDWEBS
Halo,
Saya Layanan Posting Tamu
Saya Memiliki 600 Situs
Status : Terindeks Semua
DA bagus : 40-60
Kategori Nice I yang Berbeda
Umpan Tetes Diizinkan
Saya dapat mempublikasikan secara instan
secepat mungkin

Layanan saya:
1. Saya akan mengerjakan pesanan Anda maksimal 1X24 jam, jika pada saat itu saya sedang online. Saya akan melakukannya maksimal 1 jam dan prosesnya selesai.
2. Jika ada diantara kalian yang orderannya tidak terselesaikan maksimal 1x24 jam, kalian tidak perlu membayarku, alias gratis.
3. Kalau weekend biasanya saya online, kalau weekend kalau saya tidak online berarti saya kerja hari senin.
4. Untuk pembayaran, maksimal dibayarkan satu hari setelah link live dipublikasikan.
5. Pembayaran melalui rekening paypal
Jika Anda tertarik, silakan balas
Terima kasih
Salam,
AKDSEO